Info blOg k@mu

20 Hack Registry Bag 1

Posted on: 1 May 2009

Fungsi klik-kanan merupakan cara yang sangat baik untuk mempelajari beberapa fungsi Windows yang tersembunyi. Ingin lebih? Cobalah Anda mulai menjelajahi aplikasi Control Panel dan temukan beberapa teknik yang bermanfaat. Dan masih ada lagi aplikasi Command Line pada folder Windows’ System32. Tapi, tidak ada satupun yang bisa menandingi Registry.

Registry dilengkapi dengan berbagai pengaturan yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja, memperbaiki lubang keamanan, dan bahkan mengubah basis fundamental Windows untuk bekerja lebih baik. Walaupun terlihat sangat canggih, Anda tetap perlu untuk berhati-hati dalam menggunakannya karena bukan hanya fitur yang membantu tetapi juga banyak perangkap.

Jika tidak berhati-hati, Anda justru malah menambahkan masalah dari pada memecahkannya. Untuk itu, di bawah ini terdapat 20 hack yang bisa Anda coba untuk membuat PC Anda menjadi lebih baik. Selamat mencoba!!
1. Tingkatkan Keamanan
Seseorang yang tidak diinginkan bisa dengan mudah mengambil data Anda dengan USB apabila ia berhasil mengakses PC Anda secara fisik. Jika Anda menggunakan Windows XP2 atau versi sesudahnya, ada sebuah cara sederhana untuk mencegahnya.

Masuk ke “HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies”, buatlah sebuah nilai DWORD yang disebut “WriteProtect” dan atur pada nilai “1”. Anda akan bisa membaca drive USB, tetapi tidak bisa memindahkan data ke dalamnya lagi.
2. Kendalikan UAC
Kendali Akun Pengguna milik Vista sangat sering memunculkan peringatan-peringatan yang akhirnya dimatikan oleh para pengguna. Tapi, kadang justru membuat mereka kelewatan fitur-fitur yang bermanfaat seperti mode perlindungan untuk IE. Anda bisa mengendalikannya dengan cara menonaktifkan peringatan bagi administrator, jadi Anda tidak perlu terganggu, namun UAC tetap bekerja pada latar belakang dan Anda masih bisa mendapatkan fitur-fiturnya.

Untuk melakukan ini, masuk ke “HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\ConsentPromptBehaviorAdmin”, dan atur nilainya menjadi “0”. Untuk mengembalikannya ke kondisi normal, atur nilainya menjadi “2”.
3. Ubah Pemilik
Instalasikan Windows pada PC dan Anda pasti akan diminta untuk memasukan nama, yang kemudian akan disimpan sebagai pemilik yang terdaftar (jalankan WinVer untuk melihat ini pada sistem Anda). Jika Anda membeli sebuah komputer bekas, mungkin Anda ingin mengganti nama pemiliknya dengan nama sendiri. Hmm..tak ada cara lain selain dengan Registry.
br>Masuk ke dalam “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion” dan akan melihat dua kalimat “RegisteredOwner” dan “RegisteredOrganization”. Klik ganda pada keduanya untuk mengganti.
4. Mengurutkan File dengan Benar
Mengurutkan nama file pada Explorer bisa menjadi suatu masalah. Pengaturan awal, ia akan menempatkan “File_v2.txt” sebelum “File_v15.txt”, dan itu bukanlah urutan ASCII, tetapi terlihat lebih masuk akal. Tetapi, bagaimana jika “v” merujuk kepada nomor versi, dan seharusnya “File_v15.txt” di urutan terdahulu? Pada saat ini, sistem awal Explorer tidak bisa bekerja sama sekali.

Untuk mengembalikan pengurutan berdasarkan ASCII yang biasa, masuk ke “HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer”, buatlah nilai DWORD yang disebut “NoStrCmpLogical” dan atur nilainya menjadi “1”. Hapus kode tersebut jika ingin kembali ke kondisi awal Explorer yang standar.
5. Troubleshoot Startup
Jika Windows membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk start up maupun shut down, kemungkinan ia sedang memiliki maslah. Untuk mengetahui apa yang sedang terjadi kembali masuk “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System”, buatlah sebuah nilai DWORD yang disebut “verbosestatus” dan atur nilainya menjadi “1”. Restart PC Anda dan Windows akan memberitahu Anda apa yang sedang terjadi.
6. Mengatur Tipe-Tipe Folder
Explorer milik Vista akan secara cerdas memilih tipe folder Anda berdasarkan isinya. Tetapi, hal ini berarti folder download Anda akan berubah menjadi folder musik jika Anda mengunduh beberapa MP3. Untuk memperbaiki ini, masuk ke dalam “HCU\Software\Classes\LocalSettings\Software\Microsoft\Windows\Shelf”, hapus subkey “Bags” dan buat yang baru pada lokasi yang sama.

Buatlah kunci bernama “AllFolders” di bawah Bags, dan kunci lain bernama “Shell” di bawahnya lagi. Kemudian klik padanya untuk membuka “HCU\Software\Classes\LocalSettings\Software\Microsoft\Windows\Shell\Bags\AllFolders\Shell”. Klik kanan pada bagian kanan panel, pilih “New | String Value” dan namakan ini “FolderType”. Kemudian, klik ganda pada FolderType dan atur nilainya menjadi “NotSpecified”. Anda masih bisa mengubah tipe folder, tapi Vista tidak akan mengubahnya secara otomatis. (Jika Anda membutuhkan bantuan, silakan klik di sini)

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

RSS HadistWeb

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
%d bloggers like this: